Minggu, 05 Juni 2011

PENDAHULUAN

PENDAHULUAN


A.  LATAR BELAKANG
            Dalam era globalisasi ini, perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat. Hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan bisnis dalam segala bidang. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, mereka saling bersaing untuk meningkatkan pendapatan dan kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu, dalam hal ini peran humas atau public relations (PR) sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Humas menjadi ujung tombak dalam suatu perusahaan untuk mengelola citra perusahaan serta menciptakan iklim yang kondusif dan harmonis antara para pemegang saham. Hal ini dikarenakan keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya bisa di ukur melalui keberhasilan dalam melakukan penawaran dan penjualan, tapi juga keberhasilan humas dalam menciptakan, menjaga dan meningkatkan  citra yang baik  dari suatu perusahaan.
            Pada umumnya tugas Public Relations adalah menjalin hubungan serta membuat, merencanakan, mengubah image dan citra dimata khalayak, serta melaksanakan berbagai program untuk berbagai publik (seperti hubungan dengan karyawan, komunitas, pemerintah, konsumen, dan sebagainya) yang dimiliki oleh perusahaan, baik publik internal maupun eksternal.
Definisi kerja humas atau PR yang resmi dari IPRA ( International Public Relations Associations) adalah suatu fungsi manajemen yang khas yang mendukung pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan manajemen dalam permasalahan dan persoalan, membantu manajemen memberikan penerangan dan tanggapan dalam hubungan dengan opini public, menetapkan dan menekan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan umum, menopang manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam membantu mendahului kecenderungan, dan menggunakan penelitian secara teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.

Organisasi bisnis adalah salah satu bentuk organisasi yang semakin  banyak menggunakan jasa humas dalam kegiatannya sehari-hari. Terlebih lagi untuk perusahaan-perusahaan besar dengan jumlah karyawan yan besar, perusahaan-perusahaan sekarang ini semakin menyadari pentingnya peran humas bagi organisasi. Di era globalisasi ini, Humas dalam suatu perusahaan memang mempunyai peranan yang sangat penting, disini harus dapat mengkomunikasikan dengan baik kepada masyarakat tentang citra dari perusahaan tersebut.  Apalagi buat perusahaan yang belum memiliki internal Public Relations. “Konsultan Public Relations akan menjawab semua kebutuhan perusahaan dan pemerintah untuk berkomunikasi dengan masyarakat atau publiknya,” kata Magdalena Wenas Sementara perusahaan yang memiliki internal PR, menurut Indira, alangkah baiknya memakai jasa konsultan PR karena internal PR ini lebih mengerti keadaan internal perusahaan dan apabila digabungkan dengan konsultan PR yang memiliki keahlian seperti Media Specialist, Media Handling, Event Organizer, Market Research dan sejumlah kelebihan lainnya akan lebih handal lagi dalam berkomunikasi.“Kebutuhan akan komunikasi yang baik antara organisasi, pemerintah maupun korporat dengan masyarakat inilah yang menjadikan bisnis jasa konsultan PR dibutuhkan dan menjadikan bisnis ini memiliki prospek yang cerah,” ujar Magdalena lagi. (SH/gatot irawan/thomas jan bernadus) . Sayangnya, menurut Feldany Effendi, praktisi PR dari Indopacific, Public Relation (PR) di Tanah Air belum termanfaatkan secara maksimal. Orang telanjur menyederhanakan fungsinya, padahal bila dimaksimalkan manfaatnya sangat besar bagi kepentingan organisasi, dunia usaha, termasuk lembaga pemerintah. Public Relation sebenarnya suatu bidang yang sangat potensial di masa datang karena posisinya yang sangat strategis.Perkembangan ilmu dan profesi PR di sini semakin pesat.



1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar